Rabu, 26 Oktober 2011

Manusia dengan Cinta Kasih


CINTA KASIH ORANG TUA TERHADAP SEORANG ANAK

Manusia dan cinta kasih merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan. Cinta memiliki peranan yang penting dalam kehidupan, karena cinta merupakan dasar untuk menciptakan suasana hidup menjadi lebih indah. Coba bayangkan apabila di dunia ini tidak ada cinta, tentu saja manusia akan merasa tidak tenang hidup di dunia.

Sejak lahir manusia telah memiliki cinta, yaitu cinta kasih yang didapat dari seorang ayah dan ibu. Begitu besar rasa cinta yang dimiliki seorang ibu ketika melahirkan seorang anak dengan memperjuangkan hidup dan matinya. Dan juga pengorbanan seorang ayah ketika menunggu ibu melahirkan sampai anak tersebut lahir. Begitu bahagianya perasaan seorang ayah dan ibu, setelah mereka mengetahui anaknya lahir dengan selamat.

Setiap orang tua merawat, membesarkan, menjaga, dan mendidik anaknya berdasarkan cinta dan kasih yang mereka miliki. Mereka tidak kenal lelah dalam melakukan itu semua, karena rasa cinta yang mereka miliki terhadap anaknya begitu besar. Namun, terkadang seorang anak tidak dapat melakukan hal yang sama seperti apa yang dilakukan oleh orang tua mereka.

Dalam mendidik anaknya, terkadang orang tua sering memarahi sikap atau perilaku anaknya yang tidak baik dan melanggar norma. Tentunya, itu semua dilakukan demi kebaikan anaknya agar menjadi seseorang yang lebih baik dan mengerti akan norma-norma yang ada. Namun, terkadang seorang anak tidak mau mendengarkan nasehat-nasehat tersebut, mereka cenderung mengikuti apa yang ada dipikiran mereka, padahal perasaan orang tua (terutama ibu) lebih besar daripada dirinya sendiri.

Akan tetapi, tidak semua hal yang dilakukan oleh orang tua selalu benar karena terkadang mereka tidak tahu dan mengerti apa yang dirasakan oleh seorang anak. Mungkin pada dasarnya mereka melakukan itu semua demi kebaikan anaknya, namun terkadang seorang anak juga dapat merasa tertekan jika harus mengikuti apa yang diinginkan orang tuanya, karena mereka juga memiliki hak dalam menjalani hidupnya. Jadi antara orang tua dan anak harus saling mengerti agar rasa cinta yang telah dimiliki sejak lahir tidak hilang hanya karena kurangnya pengertian.

Seperti kata pepatah, kasih sayang orang tua sepanjang jalan dan kasih sayang seorang anak sepanjang gala. Itu berarti cinta yang dimiliki oleh orang tua tidak terbatas yaitu sepanjang jalan sedangkan cinta yang dimiliki oleh seorang anak terbatas hanya sepanjang gala. Namun, itu semua tergantung pada inidividu masing-masing.

Sumber : anjarsaiangst.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar