Senin, 12 Maret 2012

Penemu Elektromagnet


Riwayat Hidup

    Elektromagnet ditemukan oleh William Sturgeon pada tahun 1823, Wiliam Sturgeon berkembangsaan Ingris lahir di Whittington pada tanggal 22 Mei 1783 dan wafat pada tanggal 4 Desember 1850.

    William Sturgeon di lahirkan dengan propesi orang tua yang amat sederhana, ayah sturgeon seorang pembuat sepatu sedangkan ibunya seorang pemburuh yang jauh dari keluarganya. ayah sturgeon sudah menggambarkan sturgeon untuk melanjutkan usahanya setelah kematian ibunya. sturgeon hanya menerima pendidikan formal kecil kalau sekarang di bilang SD. sejak umur 10 tahun sturgeon magang menjadi tukang sepatu membuat dia selalu larut dalam kebodohan tapi karena itu keingintahuannya memutuskan untuk kabur dari usaha tersebut dan masuk sebagai angkatan militer tentara, setelah masuk tentara sturgeon terinspirasi mengenai kilat badai kala sewaktu kapalnya terkena badai, sehingga timbul rasa keingin tahuan dengan alam.

      Pada tahun 1802 dia masuk menjadi milisi wetmorland di inggris dan di pindah tugas royal altileri pada tahun 1804 di sana sturgeon banyak meminjam buku di perpustakaan akademi, sehingga sturgeon berexperimen dengan layang - layang yang dia terbangkan untuk menerima sangatan listrik dari petir karena usaha percobaan tersebut sehingga membuat dia menjadi terpopuler di taruna setelah meninggalkan militer, sturgeon membuka usaha tapi usaha tersebut berjalan dengan singkat. Lalu sturgeon belajar tentang filsafat alam yang disebut dengan fisika lalu malam harinya ia kuliah dari sini sturgeon menjadi fisikawan.



Karya - Karya

     Pada tahun 1824 ia di angkat menjadi dosen di bidang ilmu fisika di sebuah universitas lalu dalam rangka untuk bereksperimen dia membutuhkan biaya yang sangat mahal sebagai modalnya sementara itu ia mencari peralatan dan dia menemukan elektromagnet.





     Pertama ia membelit kumparan kawat pada sebuah batang besi yang di aliri listrik hingga kawat di lewatin listrik sehingga dapat menempelkan serbuk - serbuk besi di sekitarnya disebut juga elektromagnetik yang di buat oleh sturgeon, lalu sturgeon menyadari bahwa listrik membentuk sebuah medan magnet yeng terkonsentrasi pada inti besi sehingga sturgeon membuat sesuatu gagasan tentang medan magnet, tapi dari hasil jerih payahnya dia mendapatkan penghargaan perak dari Royal Societyof Arts pada tahun 1825.

     Sturgeon menikah dengan Mrs Hilton dan kehilangan ketiga anaknya sewatu masih bayi lalu dia menikah kedua kalinya dengan Maria Bromley dan sekali lagi anak tewas sewaktu bayi kemudian mereka mengadopsi seorang putri. dia menulis hasil penelitiannya pada tahun 1830 sampai 1832, kemudian ia kuliah lagi di Galeri Adelaide Sains Praktis di London yang baru saja terbentuk lalu dia meninggal pada tanggal 4 Desember 1850.






Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Business_ethics.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar